Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan RAM Dan ROM

Saat ini kita sering mendengarkan kata RAM dan ROM. Sebagian besar dari kamu pasti tau apa itu RAM, Apalagi kalau kalian pengguna Smartphone, pasti tau RAM itu apa. Nah, kali ini kami akan memberitau, apa perbedaan RAM dan ROM. Kalau kalian pengan tau, silahkan baca artikel ini sampai habis.!

1. Apa Itu RAM?
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM sendiri merupakan satuan memori yang sangat diperlukan oleh gadget seperti komputer mau pun smartphone. RAM digunakan untuk menyimpan program dan data di CPU secara real-time.
Jadi, RAM sendiri tidak bisa dijadikan penyimpanan data untuk menaruh foto, video, atau dokumen lainnya. RAM sendiri memiliki beberapa jenis lho, kamu bisa lihat di bawah.
  • SRAM
SRAM merupakan kepanjangan dari Static Random Access Memory. Jenis ini menyimpan sedikit data karena menggunakan enam memori cell transistor. SRAM merupakan sebuah RAM yang lebih cepat dari DRAM, tapi harganya jauh lebih mahal.
  • DRAM
DRAM adalah singkatan dari Dynamic Random Access Memory. Tipe RAM seperti ini mampu menyimpan lebih sedikit data karena hanya menggunakan sepasang transistor dan kapasitor.


2.APA Itu ROM?
ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory. Sesuai dengan namanya, ROM itu merupakan memori yang hanya bisa dibaca oleh komputer. ROM sendiri merupakan jenis memori non-volatil. Jadi, itu tidak akan hilang apabila tidak ada daya listrik yang mengalir.
ROM sendiri digunakan untuk menyimpan firmware yang mana memungkinkan untuk dilakukannya update, seperti BIOS. Jadi, sudah mengerti apa itu yang dimaksud dengan ROM? ROM sendiri memiliki berbagai tipe lho.
  • Mask ROM
Mask ROM merupakan jenis ROM yang datanya ditulis selama pembuatan chip memori.
  • PROM
PROM atau Programmable Read-only Memory ialah data akan ditulis setelah chip memori dibuat. Ini adalah salah satu non-volatil.
  • EPROM
EPROM atau Erasable Programmable Read-only Memory merupakan data pada chip memori non-volatil yang dapat dihapus dengan mengekspos sinar UV dengan intensitas yang tinggi.
  • EEPROM
EEPROM atau Electrically Erasable Progammable Read-only Memory adalah data yang pada chip memori non-volatil dapat dihapus secara elektrik dengan menggunakan emisi elektron.
Nah, jenis-jenis ROM di atas merupakan ROM berbasis semikonduktor. Media penyimpanan optik seperti CD-ROM juga termasuk dalam bentuk read-only memory lho.

Nah, Itulah tadi beberapa perbedaan antara RAM dan ROM. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE atau tuli tanggapan anda tentang artikel ini di komentar.

"Semoga Bermanfaat"
Artikel By jalantikus.com

Post a Comment for "Perbedaan RAM Dan ROM"

Rakit Komputer